Ticker

6/recent/ticker-posts

BERDEMOKRASI DALAM KETAKMIRAN DI MASJID AT TAUBAH.


     Ahad, 7 Pebruari 2021. Masjid merupakan sarana ibadah dan silaturrohim antar jamaah umat muslim disekitarnya maupun diluar seperti halnya Masjid At'taubah yang berada dikampung mumbul Kel. Banjar jawa kegiatan keumatan dilakukan bersama secara bergotong-royong sehingga tercipta jamaah yang harmoni, guyub dan rukun yang penuh tanggung jawab, bertepatan pagi ini hari ahad panitia pemilihan masjid attaubah menggelar acara pemilihan ketua ta'mir dengan pola demokrasi.


Peserta registrasi ulang ke Panitia sebelum memilih ketua takmir


    Acara pembukaan ini di hadiri Kasi Bimas Islam Kab. Buleleng Bapak H. B. Ali Mustofa. S.Ag. M.HI dan Kepala KUA Kec. buleleng bapak H. Zainuddin S.Pd.I, tokoh masyarakat, jamaah fardu kifayah, ketua kaling banjar jawa bapak kadek heri suharto wijaya, babinkamtimas banjar jawa bapak dewa ika ariawan sebagai keamanan lingkungan Kp. banjar jawa.(7/2)

  Dalam kesempatan ini ketua panitia pemilihan ta'mir menuturkan dalam acara ini tidak ada paksaan kepada bakal calon artinya bakal calon yang mendaftar itu murni niat dari masing-masing individu tanpa ada paksaan atau penitipan dari pihak manapun, bakal calon harus memenuhi persyaratan yang sudah di tentukan oleh panitia pemilihan tidak ada pilih kasih, semua sama buat calon ketua takmir, sebab ketua panitia ditunjuk secara bersama tentu harus netral dan adil. Ucap bapak rachdian ketua panitia pemilihan takmir masjid at taubah.

    Kenapa panitia memakai aturan ini tujuannya agar kedepannya ada yang bisa mempertanggung jawabkan apa bila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dalam ketakmiran, sebab dia mencalonkan diri tiada alasan bagi terpilih tidak bertanggungjawab, kegiatan ini tetap melaksanakan prokes covid-19 imbuh bapak rachdian dalam sambutan pembukaannya. (7/1)

  Dalam sambutannya kasi Bimas Islam bapak H. B. Ali Musthafa S.Ag. M.HI berpesan siapapun nantinya yang terpilih menjadi ketua ta'mir harus bisa menjalankan amanah sebaik-baiknya dan dengan niat lillahita'alah (karena Allah) untuk memakmurkan masjid dan harus bisa menyelesaikan masalah sekecil apapun dengan bijaksana, merangkul jamaah, ini tugas berat menjadi takmir dan tidak ada gajinya iya tidak? Bahkan uang kita sendiri yang tekor, oleh sebab itu mari yang terpilih kita dukung bersama sebab ada pemimpin tanpa ada jamaah tiada artinya sebaik apapun itu programnya, jadi ketua takmir harus bisa membawa jamaah yang guyub dan rukun dengan kebersamaan, harmonis seluruh jamaah tegas kasi bimas islam kab. buleleng H. B. Ali Mustafa S.Ag. M.HI.

  Sambutan disambung kepala KUA Kec. buleleng H. Zainuddin S.Pd.I dalam kesempatan ini beliau berpesan agar bisa menjalankan amanah dari kasi bimas islam dengan sebaik-baiknya di ketakmiran ini tidak bergajih harus dengan niat mengabdi untuk masjid ibadah karena Allah Swt. Beliau mengutip hadist Nabi Muhammad Saw.

وعن بن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلّم قال: كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعيّتِهِ, والأميرُ راعٍ, والرّجُلُ راعٍ على أهلِ بيتِهِ, والمرأةُ رَاعِيَّةٌ على بيتِ زوجِها وَوَلَدِهِ, فكلّكم راعٍ وكلّكم مسئولٌ عنْ رَعِيَّتِهِ. (متفق عليه)

Dari Ibn Umar ra. Dari Nabi saw, beliau bersabda : “ Kalian adalah pemimpin dan kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinan kalian. Seorang penguasa adalah pemimpin, seorang suami adalah seorang pemimpin seluruh keluarganya, demikian pula seorang isteri adalah pemimpin atas rumah suami dan anaknya. Kalian adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungtawabkan atas kepemimpinan kalian”. (HR. Bukhari dan Muslim
Oleh sebab itu diketakmiran juga sama nanti akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah tutur H. Zainuddin S.Pd.I Kepala KUA Kec. Buleleng.
Selanjutnya acara ditutup dengan doa serta sekaligus pembukaan pemilihan ketua takmir masjid At taubah Kp. Mumbul oleh kepala kasi bimas islam dengan pembacaan basmalah dan ketukan tiga kali. 

    Peserta pemilihan berjumlah 135 orang yang berasal dari warga setempat dan anggota Fardu kifayah, pemilih datang cuci tangan, cek suhu, dan mengisi registrasi sebagai pemilih dan mengambil kertas pemilihan yang berisi dua nama calon, setelah nama calon di pilih lanjutkan di masukan ke dalam kotak kosong yang sudah disediakan panitia.

    Tepat waktu jam 15.00 wita pengumuman oleh panitia pelaksana pemilihan ketua takmir masjid at taubah. Terpilih sebagai ketua takmir masjid At taubah Kp. Mumbul Singaraja periode 2021-2026 Bapak Muhammad Fikri calon nomer urut 1 dengan suara terbanyak daripada calon nomer urut 2 bapak Adji tarmidji rachman. Peserta pemilih hadir lebih dari 50% dari undangan hal ini telah memenuhi persyaratan sah pemilihan, namun ditemukan sedikit suara yang tidak sah mungkin di sebabkan human error (tidak mengerti cara memilih) hal ini sudah biasa dalam pemilihan tutup bapak rachdian ketua panitia pemilihan takmir. (7/2)

Publikasi calon ketua takmir dengan rekomendasi KUA dan Kasi bimas islam


Panitia yang kompak bekerja secara profesional






H. B Ali Mustafa S.Ag. M.HI Kasi bimas Islam buleleng memberikan sambutan dan arahan serta membuka pemilihan ketua takmir masjid At Taubah

H. Zainuddin S.Pd.I Kepala KUA Kec. Buleleng memberikan sambutan dan Arahan 


Pemeriksaan suhu badan dengan termogan sebelum masuk area pemilihan 

menjaga kebersihan cuci tangan sebelum memilih ketua takmir 





Para peserta pemilih antri mengikuti protokol kesehatan covid 19


Panitia setia, sabar serta ramah menunggu peserta pemilih





Bapak dewa eka ariawan babinkamtibmas banjar jawa  siap siaga memeriksa kepatuhan prokes covid 19


Peserta memilih ketua dibilik pemilihan diawasi dengan ketat



Kasi bimas islam Tinjau gedung baru bersama jamaah masjid


Sambutan Ketua panitia pemilihan ketua takmir masjid at taubah Bapak Rachdian


Berita Acara hasil pemilihan ketua takmir


Sumber berita : Diding k, Arif. Prabowo, Mas'ud

Editor : Aly Mas'ud


Posting Komentar

0 Komentar