Ticker

6/recent/ticker-posts

Umat Muslim Desa Pegayaman Melaksanakan Sholat Ied Dengan Penuh Kesederhanaan Disituasi Kondisi Penuh Keterbatasan

Buleleng. Aswajabuleleng.~Kamis, 13 Mei 2021. Pegayaman adalah salah satu desa tua di kabupaten buleleng, terletak di selatan Buleleng dengan penduduk mayoritas beragama islam namun sangat menjaga kerukunan / toleransi umat beragama yang biasa disebut "Menyama braya"

Para jamaah tetap laksanakan sholat idul fitri 1442 H disela-sela proses pengerjaan bangunan, gambar diambil dari atas (dok. foto aly.m)


Kaum muslimin muslimat desa pegayaman melaksanakan sholat ied dengan penuh kesederhanaan dalam situasi kondisi penuh keterbatasan


Kendati demikian hari raya idul fitri tahun ini karena masih dalam kondisi pandemi, kegiatan sholat ied tetap dilaksanakan di masjid Jamik Safinatussalam desa Pegayaman, dimana masjid satu-satunya di desa pegayaman dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Proses renovasi tetap berjalan di hari raya idul fitri (dok. foto Aly.m)


Ketua pengurus masjid Bapak Wayan Rabihuddin menegaskan sebelumnya kepada seluruh jamaah agar mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan prokes 5M demi kesehatan dan keselamatan bersama sehingga pelaksanaan sholat ied supaya dapat berjalan dengan lancar.


Bertindak selaku Imam sekaligus khotib yaitu Guru H. Abdul Ghofar Ismail, dalam khotbahnya beliau menyampaikan pentingnya meningkatkan ketakwaan dan kesabaran sebagaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah sholallahu alaihi wasallam terutama dalam situasi pandemi sehingga kita akan mendapat kemuliaan disisi Allah swt.

Ketua pengurus masjid Bapak Wayan Rabihuddin saat usai pelaksanaan sholat idul fitri 1442 H


masjid jamik safinatussalam desa pegayaman saat ini sedang dalam tahap proses renovasi dan pengembangan. Sehingga tahun ini pelaksanaan sholat ied dilaksanakan secara sederhana dan penuh keterbatasan tempat.

Menurut keterangan Ketua Panitia Renovasi dan Pengembangan Masjid Jamik Safinatussalam desa Pegayaman bapak Muhammad Qosim, S.Pd. bahwa proses pekerjaan renovasi masjid ini sudah berjalan kurang lebih selama 7 bulan, dan alhamdulilah berkat semangat jamaah warga masyarakat desa pegayaman bergotong royong dan beramal jariyah, serta dukungan dari donatur yang tidak mengikat proses pekerjaan renovasi berjalan lancar dengan progress 45%, saat ini lantai 2 masjid belum digunakan secara maksimal karena belum terpasang atap.

Gambar skema progress pembangunan masjid jamik safinatus salam pegayaman (dok. foto Aly.m)

Panitia pembangunan mengatakan untuk atap masjid yang dirancang dengan memakai baja konvensional ini membutuhkan anggaran Rp. 573.000.000,-


Adapun RAB secara keseluruhan dari kegiatan  Renovasi dan Pengembangan Masjid Jamik Safinatussalam desa Pegayaman adalah 4,1 Milyar. 

Ketua pembangunan renovasi masjid masih mengharapkan uluran bantuan dari seluruh pihak sangat diharapkan sehingga kaum muslimin muslimat desa pegayaman dapat melaksanakan ibadah dengan khusuk dan nyaman. Tutup M Qosim.

Jamaah Sholat idul fitri 1442 H/2021 M di samping bangunan renovasi masjid (dok.foto Aly.m)

 panitia renovasi pengembangan masjid bersama penghulu/imam sekaligus ketua adat desa pegayaman buleleng (dok.foto aly.m)

Masyarakat pegayaman gotong royong saat pengecoran plat lantai 3 masjid (dok.foto aly.m)




penulis : Aly masud
Editor : Ellen, diding, arif s

By. Suport :

      Klik : 👉 : Mubina tour Singaraja jl. Melati No. 15 

            👉 : NUsantara Loundry jl.melati 43

           👉 : Service komputer Matrix Singaraja

           👉 : jasa sopir dan sewa mobil

          👉 : Baitul Khot Jasa Kaligrafi Profesional Bali



Posting Komentar

0 Komentar