Ticker

6/recent/ticker-posts

Dialog Interaktif Baznas Buleleng Di Pro 2 RRI Singaraja : Zakat dan Sedekah Meningkatkan Tatanan Sosial dan Ekonomi Di Ramadhan

Buleleng, Aswajabuleleng~ Selasa, 4 Mei 2021. Di ruang tengah gedung RRI Singaraja tertata apik studio pro 2 RRI singaraja, dua orang ustad lagi asyik berdikusi interaktif online dengan dimoderatori Mbak iren sekaligus operator, serta pemirsa yang diluar studio melalui telfun maupun WA (whatshap), beliau adalah Ketua Baznas Buleleng Bapak Ustad H. Edi Buemin S.Ag dan Ustad Ali Mas'ud Hadi S.Pd.I. pengurus pondok pesantren Al Khoirot singaraja, dialog pertama dimulai pemaparan materi dan selanjutnya dialog interaktif dengan berbagai pertanyaan aktual yang sering terjadi di masyarakat umum.

Ketua Baznas Buleleng Ustadz H. Edi Buemin S.Ag beserta Ustadz Ali Mas'ud Hadi S.Pd.I di studio PRO 2 RRI Singaraja (dok foto diding ) 

Ustad H. Edi Buemin S.Ag mengatakan perbedaan zakat dan sedekah sangat tipis yakni zakat akan dikeluarkan dengan ketentuan secara khusus baik waktu maupun, ukuran, serta nisab dan haul. Contoh zakat fitrah dikeluarkan saat bulan ramadhan dengan ukuran 1 sho' dengan nilai beras 2.5/2.7 kg namun zakat Mal dikeluar saat sudah mencapai satu nishob emas sebesar 84 gram dan sudah mencapai hitungan satu tahun, terkait sedekah kapanpun waktunya tanpa dibatasi dengan nilai dan ukuran dengan landasan mencari pahala dari Allah Swt.


Ustad H. Edi buemin S.Ag menambahkan Terkait pengumpulan zakat bisa melalui Baznas (badan amil zakat nasional) di jalan udayana singaraja, dan di seluruh Baznas di seluruh kabupaten yang ada di provinsi bali, beliau sebagai ketua Baznas Buleleng menghimbau dan memberikan kewenangan untuk para takmir masjid maupun mushola yang telah membentuk UPZ (unit pengumpulan zakat) supaya dilegalitaskan ke Basnaz agar mendapatkan SK Sah dalam pengumpulan zakat dan itu mudah sekali cukup menyetorkan badan struktur kepengurusan yang sudah di sepakati. Ujarnya. 


Ustad Ali Mas'ud Hadi S.Pd.I mengatakan zakat merupakan perintah wajib syariat islam yang wajib ditunaikan bagi setiap muslim dan muslimat baik sudah besar maupun masih kecil jika mereka menemukan di bulan ramadhan sebagai bentuk penguat pribadi seorang muslim sebagai mana dawuh nabi Muhammad sholallahu alaihi wasalam. 

بنی الاسلام علی خمسٍ، شہادۃ ان لا الہ الا اللّٰہ و ان محمدا عبدہُ ورسولہُ، واقامِ الصّلاۃِ، وایْتاءِ الزکاۃ، وصوم رمضان، وحجِّ البیت من استطاع الیہِ سبیلاً.

Islam itu di bangun atas 5 dasar kontruksi "bersaksi tidak ada tuhan  yang berhak disembah kecuali Allah, bersaksi bahwa nabi muhammad sholallahu alaihi wasallam itu hamba-Nya dan utusan-Nya, mengerjakan sholat, menunaikan zakat, puasa bulan ramadhan dan haji bagi yang mampu.

Pengambilan foto usai dialog interaktif Ketua Baznas Buleleng Ustadz H. Edi Buemin S.Ag beserta Ustadz Ali Mas'ud Hadi S.Pd.I di studio PRO 2 RRI Singaraja  (dok foto diding )


Pemirsa on air RRI singaraja bernama Ahmad bertanya apakah zakat dan sedekah bisa menghapus dosa? dijawab oleh ustad Ali Mas'ud " zakat merupakan kewajiban jika dilaksanakan tentu ia akan di beri pahala oleh Allah, sedekah merupakan perintah sunnah tentu akan di beri pahala oleh Allah namun kuncinya zakat dan sedekah harus dilandasi ridho mengeluarkannya sehingga pribadi tersebut meningkat menjadi amal ikhlas sebab الاخلاص سر من سر الله (ikhlas itu rahasia dari rahasianya Allah dan Allah lah yang akan membalasnya), 

قال الإمام الجنيد- رحمه الله-: «الإخلاص سرّ بين الله وبين العبد، لا يعلمه ملك فيكتبه ولا شيطان فيفسده ولا هوى فيميله»

Syaikh imam junaidi berkata ikhlas itu rahasia Allah diantara Allah dan hamba, malaikat tidak mengetahuinya maka malaikat hanya menulisnya, syaitan pun demikian maka ia mencoba untuk merusaknya, nafsu pun demikian maka ia pun akan mencondongkannya ke hal buruk (melemahkannya).

dan insyaallah zakat dan sedekah tersebut menjadi bagian dari amal baik yang bisa menghapus (menghilangkan) dosa kecuali dosa syirik kepada Allah Swt. Nabi muhammad dawuh "ikutkanlah perbuatan buruk (dosa) dengan perbuatan baik sebab hal itu akan menghapusnya atau menghilangkannya".


Pemirsa on air RRI bernama ibu siti bertanya apa keutamaan zakat dan sedekah ? ustad Ali mas'ud mengutip sebagaimana dalam kitab mauidhotul mukminin karya syaikh muhammad jamaluddin al qosimi pertama terdapat firman Allah surat At taubah ayat 111" sesungguhnya Allah telah mengganti dari orang mukmin atas nyawanya (jihad perang fisabilillah) dan beberapa harta mereka (zakat, sedekah) dengan surga Allah swt. Kedua mereka penunai zakat dan sedekah akan membersihkan hati dari sifat pelit, cerek, kumet, medit, kikir yang bisa merusak pribadi seorang muslim, ketiga zakat dapat menumbuhkan rasa syukur kepada Allah.


Keempat zakat dapat meningkatkan tatanan sosial dan ekonomi umat islam apalagi dalam situasi yang sekarang lagi pandemi, dapat membantu meringankan beban kebutuhan, membangun tempat-tempat syiar islam seperti pesantren, madrasah, sekolah, jalan, transportasi, masjid. Demikian bagian dari membangun peradaban sebuah umat, zakat dan sedekah dapat meningkatkan pendidikan dan mengentaskan kemiskinan. Semoga kita semua dapat menjalankan syariat islam dengan baik dan senantiasa diijabahi doa kita berkah ramadhan. Pungkasnya.

Saat fokus mendengarkan telfun dari sahabat pemirsa on air Pro 2 RRI Singaraja (dok. Foto diding)



Penulis : Ali mas'ud, Diding K
Editor : Ellen.W, Arif. S.


By. Suport :
      Klik : 👉 : Mubina tour Singaraja jl. Melati No. 15 
            👉 : NUsantara Loundry jl.melati 43
           👉 : Service komputer Matrix Singaraja
           👉 : jasa sopir dan sewa mobil
          👉 : Baitul Khot Jasa Kaligrafi Profesional Bali

Posting Komentar

0 Komentar