Ticker

6/recent/ticker-posts

Memperteguh Guru Sebagai Agen Moderasi Beragama

Aswajabuleleng | Yogyakarta, 8 November 2021 – Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PP Pergunu) bekerja sama dengan Direktorat PAI Dirjen Pendis Kemenag RI kembali menyelenggarakan kegiatan moderasi beragama. Kegiatan ini merupakan angkatan ke II yang di laksanakan di Yogyakarta pada hari senin-rabu, 8-10 November 2021. Peserta yang hadir dalam acara tersebut adalah guru-guru PAI tingkat SMA dan SMK se Kabupaten Kebumen dan Purworejo dengan jumlah peserta 40.


  Achmad Zuhri selaku Ketua panitia sekaligus sekretaris PP Pergunu membuka acara tersebut. Ia menyampaikan bahwa semangat dalam menyuarakan moderasi beragama harus digencarkan. Kegiatan ini sangat penting karena target Pemerintah khususnya Kemenag RI pada tahun 2022 itu sebagai tahun moderasi beragama.

  “Sesungguhnya jika berbicara khususnya guru-guru NU apalagi Pergunu sebetulnya sudah selesai dengan moderasi beragama, karena jauh sebelum didengungkan moderasi beragama Pergunu sudah punya gerakan “Guru Mulia Pemersatu Bangsa. Sehingga kami berharap agar para guru-guru yang sudah terbiasa menangani hal tersebut menjadi guru pemersatu bangsa dan agen menyuarakan moderasi beragama.” Kata Zuhri.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Lakpesdam NU DIY  Ahmad Anfasul Maram, beliau menjelaskan bahwa moderasi beragama merupakan perekat antara semangat beragama dan komitmen berbangsa. Di Indonesia, beragama pada hakikatnya adalah berIndonesia dan ber-Indonesia itu pada hakikatnya adalah beragama .

“Berkembangnya cara pandang, sikap dan praktik beragama yang berlebihan, mengesampingkan martabat kemanusiaan, dan semangat beragama yang tidak selaras dengan kecintaan berbangsa merupakan suatu problematika yang tidak bisa dianggap remeh. Maka dari itu hadirnya moderasi Beragama menjadi sarana untuk mewujudkan kemaslahatan kehidupan beragama dan berbangsa yang harmonis, damai dan toleran.” Imbuh Anfasul

Hal senada juga disampaikan Wayan Fajar Riyanto Dosen Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga bahwa guru PAI mempunyai peran strategis. Ia berharap agar kedepannya perlu meningkatkan kapasitas moderasi beragama dengan melibatkan isu-isu seputar cyber legion moderasi beragama. Oleh karenanya guru tidak hanya menyampaikan secara manual tetapi bisa menggunakan secara virtual. Semisal dengan pelatihan membuat akun-akun moderasi beragama yang dapat dijadikan sebagai konten-konten di dunia media sosial.

Menurut Samsul Ma’arif Mujiarto selaku narasumber pakar sekaligus Dosen Fakultas Filsafat UGM sangat perlu untuk meyiapkan dan membekali guru-guru terkait dengan penguatan moderasi beragama. Ia berharap agar kedepannya lebih siap dan responsif dalam menjawab tantangan zaman.


Sumber : Lewa Karma
Editor : Aly.Ms, diding, Ellen

Post a Comment

0 Comments