Ticker

6/recent/ticker-posts

Meriahnya Upacara HAB Ke-76 di Kantor Kemenag Buleleng

Aswajabuleleng | Buleleng (3/1) Puncak Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-76 ditandai dengan kegiatan Upacara oleh warga Kantor Kementerian  Agama Kabupaten Buleleng berlangsung khidmat di halaman hijau.  Pada HAB tahun 2022 ini mengambil tema sekaligus sebagai tag line “transformasi layanan ummat’. Sepatutnya diusia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik

H. Lewa karma M.Pd. Kasi Pendis Buleleng beserta GTK Madrasah, PNS, GPAI (dok. Ellen)

Transformasi Layanan ummat ditandai dengan perubahan zaman dari era manual menuju era digital dan tantangan kehidupan beragama yang beragam, maka perlu momentum untuk melakukan akselerasi dalam bentuk transformasi atas informasi, inovasi dan termasuk layanan di dalamnya. Transformasi yang dimaksud juga meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.


Pada kesempatan ini yang bertindak sebagai pembina adalah Kepala Kantor Made Subawa, S.E., MPd. Pemimpin Upacara Ketut Ariawan, SH. (Kasi Urah), Pembaca sejarah Kementerian Drs. Made Sarjana (Kasubag TU) pembaca teks Panca Prasetya Korpri Lina Surayya, SSi.MPd (JFU Pendis) dan Pembaca teks Pembukaan UUD 1945 Nengah Noviatun (JFU PHU). 

Kepala Kantor Kemenag Buleleng Made Subawa, S.E., MPd., Kasi Pendis Buleleng H. Lewa Karma beserta para juara lomba olahraga dalam rangka HAB Ke 76 (dok. Ellen)

Hadir Para Kasi/Penyelenggara, Fungsional Penghulu/KUA, perwakilan dari unsur Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Buleleng, JFU/Pramu, Fungsional Pengawas/ penyuluh, GPAI, GTK Madrasah, PNS Purnabakti juga para juara "Badminton Pendis cup" serangkaian HAB ke-76.


Dalam sambutannya Subawa menyampaikan teks sambutan Menteri Agama RI menyampaikan bahwa Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya. Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. 


Demikian juga Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021. Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi. Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya.


Sebelum do’a berlangsung Subawa selaku Pembina menyerahkan kenang-kenangan dan bingkisan kepada para PNS yang memasuki masa purnabakti, pelapor sosialisasi SE Kemenag No. 21/2021, Lima besar PPNPN terfavorit. 


Diujung sambutan menegaskan bahwa agama harus dijadikan sebagai spirit/inspirasi.  Agama sebagai penggerak daya kreativitas. Selain itu, semua warga Kemenag harus memiliki komitmen terhadap  Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.


Selepas Do’a Subawa didampingi Kasi Pendidikan Islam (Lewa Karma) juga berkenan memberikan piala dna penghargaan kepada guru pemenang kejuaraan bulutangkis yang diselenggarakan serangkaian momentum HAB ke-76. 


Sebagai ungkapan rasa suka cita dan syukur selanjutnya acara dilanjutnkan secara indoor di ruang aula PLHUT untuk mengadakan resepsi ulang tahun ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kantor didampingi Kasubag TU dan para Kasi/penyelenggara. Suasana riuh saat penukaran kado antar pegawai sebagai bentuk rasa saling berbagi dan merayakan kemenangan secara Bersama.


Tampak juga di halaman kantor ucapan selamat dan karangan bunga juga terlihat berderet dari PC Pergunu Buleleng, KCP Bank Syariah Indonesia (BSI), CV New Perkasa, CV Widya Counsultan dan Kancab BRI Singaraja


Sumber : Lewa karma
Editor : Aly ms, diding k

Post a Comment

0 Comments