Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Manfaat Manasik Haji Untuk Para Calon Tamu Allah Di Haromain Wilayah Buleleng

Aswajabuleleng | Buleleng. Pada kesempatan tahun ini menjadi tamu Allah yang istimewa di haromain dengan apapun motivasinya. Para calon jamaah indonesia mendapatkan pelatihan Manasik Haji di wilayah masing-masing tingkat kecamatan dan kabupaten. Pemerintah Indonesia untuk jamaah haji indonesia tahun 2022 motto Mabrur, Sehat, Barokah. (8/6/2022)

H. Imam Syafi'i Narasumber Manasik haji jamaah buleleng 2022 (dok. Mas'ud)

Manasik haji 5 manfaat yang didapatkan, bimbingan haji jamaah haji (manasik haji) 1. Jamaah bisa mandiri dengan kompetensinya, kemampuannya, ilmunya yang diberikan oleh para narasumber. Manasik pertama sudah dilaksanakan mulai Tanggal 2 juni tingkat kabupaten dan 8-11 juni ditiap kecamatan. 2. Ilmu 3. Bagaimana jamaah haji semakin kompak dan solid diharomain segala sesuatu itu harus taat kepada komando kepada ketua regu dan ketua rombongan. 4. Memberikan pelayanan yang baik kepada para jamaah baik di daerah maupun di haromain. 5. Amanah kepada masyarakat oleh pemerintah dalam pelaksanaan haji sesuai dengan 3P (Pelayanan, Pembinaan, perlindungan).

Jamaah haji buleleng sebanyak 44 orang dari 318 orang se provinsi bali berangkat tanggal 23 juni 2022 dini hari dari kantor kemenag buleleng menuju embarkasi sukolilo surabaya. Kesepakatan jamaah dan pihak KBIH untuk pemberangkatan di gedung PLHUT Kemenag Buleleng.

Para calon jamaah haji kabupaten buleleng 2022 (dok. Ali Ms)

Selanjutnya H. Imam Syafi'i lebih memberikan materi terkait teknis pelaksanaan haji mulai dari persiapan di indonesia maupun dimakkah dikarenakan jamaah sudah ditanggung oleh pemerintah mulai dari kesehatan, konsumsi seperti halnya tidak perlu bawa alat-alat masak, transportasi. Jangan sampai mempersulit diri saat dipelaksanaan dengan berbagai informasi yang beredar dimasyarakat umum sebab kebijakan pemerintah semakin baik untuk memudahkan jamaah haji fokus ibadah haji dan alhamdulillah jamaah buleleng sudah vaksin 2 minimal  sebagai syarat dapat berangkat haji tahun 2022 ini. Pungkas H. Imam syafi'i.

H. B. Ali Musthofa Narasumber ke - 2 manasik haji buleleng (dok Aly.Ms) 

H. B. Ali mustofa menyampaikan filosofi haji yakni Etika, adab jamaah haji diharomain harus dijaga sebab pelaksanaan haji ditempat yang suci harus mempunyai akhlak yang baik, bermartabat sebagai jamaah indonesia,  hindari hal-hal yang memicu perselisihan lebih mengedepankan tepo sliro (tenggang rasa), mendahulukan orang lain, perbanyak istighfar dan sabar supaya haji ini menjadi nilai yang tinggi dihadapan Allah Swt. 

Narasumber : Ali Mas'ud
Editor : Arif S

Post a Comment

0 Comments