Ticker

6/recent/ticker-posts

KETUA DPD PPNI KAB. KARANGASEM, CEPAT TANGGAP TERHADAP KORBAN BANJIR DAN LONGSOR DI KARANGASEM

Aswajabuleleng | Ketua DPD PPNI Kab. Karangasem Ns. I Wayan Arsiawan Adi, S.Pd.,SE.,S.Kep.,MPH. Menjelaskan langkah cepat tanggap darurat terhadap korban banjir dan longsor di kabupaten karangasem. Kamis,20/10/2022


I. Pada hari Senin 17 Oktober 2022 ,

1. Jam 03.00 wita terjadi banjir di Ds Santi, Desa Selat, Karangasem dengan ketinggian air sekitar 1 meter menimpa rumah keluarga I Gusti Ngurah Suparta (43 th), korban yang hanyut adalah :

a. I Gusti Ngurah Suparta ( 43 th) hanyut, tapi bisa selamat dengan memegang rating pohon, hanya luka lecet pada kaki.

b. I Gusti Ayu Kartini ( 39 th), hanyut tapi selamat ditolong suami

c. I Gusti Ayu Agung Trisna Apsari (17 th), hanyut, tapi selamat ditolong ayahnya. 

d. I Gusti Ayu Agung Pradnya Aprilianti ( (19 th) , hanyut ditemukan sudah meninggal

e. I Gusti Ngurah Wedana Putra ( 8 th), hanyut dan sudah ditemukan jam 14,15 wita tertimbun lumpur di sebelah rumahnya. 



2. Jam 05.00 wita juga  terjadi longsor di Br. Perangsari Tengah,Desa Selat akibat hujan seharian dari kemarin yang menimbun rumah dan pekarangan keluarga I Wayan Suti (71 th), Istri Korban Ni Wayan Siti (65 th) selamat hanya luka lecet, sedangkan I Wayan Suti ( 71 th) ditemukan sudah meninggal. 

3. Kerugian  harta benda yang timbul

a. Rumah I Gusti Ngurah Suparta (43 th), rusak berat tertibun lumpur dan kerusakan akibat penggalian korban menggunakan eskavator.

b. Rumah I Wayan Suti (71 th) rusak berat tertibun longsoran tanah

II. Langkah-langkah Tim Siaga Bencana DPD PPNI Kabupaten Karangasem 

a. Melakukan pertolongan pengobatan pada korban yang luka-luka oleh anggota Tim Siaga Bencana DPD PPNI Komisariat Kecamatan Selat, sekaligus melakukan assesment kebutuhan segera. 

b. Selajutnya melaporkan kepada Tim Siaga Bencana DPD PPNI kabupaten Karangasem,

c. Ketua Tim melaporkan kejadian kepada Ketua DPD PPNI Kab. Karangasem untuk mendapat arahan dan melakukan koordinasi dengan semua anggota Tim untuk mengambil langkah cepat dalam melakukan pertolongan.

d. Ketua DPD PPNI menyampaikan laporan lisan dan tertulis kepada Bapak Ketua  DWP PPNI Prov Bali sekaligus mohon bantuan yang dibutuhkan segera  sesuai hasil assement, berupa : Selimut  6 buah, Sembako  6 paket ( untuk 1 bulan), dan  jas hujan 6 buah 

e. Tim Siaga bencana terus melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap kemungkinan adanya tambahan korban. 

f. Setelah bantuan dari DPW PPNI Prov Bali berupa Selimut 6 paket, Sembako 6 paket (berisi beras 60 kg, mie 6 dus) dan Jas hujan 6 buah ditambah bantuan dari DPD PPNI kab. Karangasem langsung diserahkan kepada kantor BPBD Kabupaten yang diterima langsung oleh Bapak Kalak BPBD Ida Bagus Arimbawa beserta stafnya, untuk segera diserahkan kepada korban sesuai kebutuhan.  

III. Rencana Tindak lanjut :

a. Menghimpun donasi untuk membantu bahan bangunan 

b. Melakukan pelatihan Internal tentang Siaga Bencana pada Tim Siaga Bencana DPD PPNI Kabupaten .

c. Penambahan Pembelian Baju Rompi Siaga Bencana PPNI Karangasem 

Demikian Press release ini dibuat sesuai fakta lapangan, untuk dapat dipergunakan sebagaimana perlunya. sumber informasi oleh Ketua DPD PPNI Kab. Karangasem Ns. I Wayan Arsiawan Adi, S.Pd.,SE.,S.Kep.,MPH.**


Editor : Ali Mas'ud



Post a Comment

0 Comments