Ticker

6/recent/ticker-posts

Pj. Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana, MMA Sangat Mendukung Kegiatan HSN 2022 Siap Jadi Pembina Upacara Di Taman Kota.

Aswajabuleleng | Pada Hari senin (17/10) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng Made Subawa didampingi oleh Kasi Pendidikan Islam (Pendis) H. Lewa Karma dan Perwakilan Panitia unsur Steerring Committee dan Organizing Committee (SC/OC) diantaranya Moh. Sahlan, Alman Rahadi dan Moh. Sukri bertandang menuju  Kantor  Bupati Buleleng. 

Pertemuan PJ. Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana, MMA. Siap Menjadi Pembina Upacara (dok. Qosim)

Pertemuan dengan Pj. Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana, MMA., menjadi salah satu penentu acara Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022. Dari pertemuan singkat tersebut Pj. Bupati sangat mendukung kegiatan HSN 2022 dan bersedia menjadi pembina upacara dalam kegiatan tersebut. Panitia juga melaporkan rencana kegiatan upacara dilakukan terpusat di Lapangan Taman Kota Ngurah Rai Singaraja  dengan melibatkan peserta kurleb 1.000-2.000 peserta upacara. 

Dandim 1609 Buleleng Letkol. Arh. Tamaji, S.Sos. Siap mendukung semarak hari santri nasional di buleleng (dok. Alman)

Kegiatan ini diantaranya menghadirkan Forkopimda Kabupaten Buleleng juga pimpinan ormas agama, OKP dan Ormawa. Peserta utama dalam kegiatan ini berasal dari Lembaga non formal seperti warga Pondok pesantren, Madrasah Diniyah (Madin) dan Lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPQ) se Buleleng yang berjumlah hamper 140 lembaga.

Lewa Karma, selaku Kasi Pendis juga menerangkan bahwa selain Pendidikan formal yang dilibatkan nanti juga semua unsur Lembaga formal diantaranya semua Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Madrasah jenjang MI, MTs dan MA. Perwakilan sampel siswa MI, MTs dan MA di wilayah kota dan Sukasada.Sementara di luar itu cukup menghadirkan GTK saja, karena pertimbangan jarak dan waktu.

Sementara Lihadnyana dalam pertemuan terbatas tersebut menyarankan agar panitia memikirkan kondisi cuaca dan pengaturan parkir serta hilir mudik peserta selama di taman kota sekaligus koordinasi intensif dengan pelbagai pihak terutama inatansi terkait. “Mohon juga dipertimbangkan untuk kegiatan upacara dimajukan lebih awal di pukul 08.00 Wita” sambung Pj Bupati Buleleng ini.

Subawa selaku Kepala Kantor Kemenag Buleleng juga mengiyakan dan demikian juga panitia menyanggupi demi efektivitas dan kenyamanan peserta upacara terutama siswa/santri usia SD/MI yang masih belia.

Penyelenggaraan upacara HSN 2022 ini juga dijelaskan oleh Ketua OC Moh. Sukri telah memenuhi ijin terkait diantaranya penggunaan Taman Kota, Ijin dari Satgas Covid-19 serta Ijin keramaian dari Polres Buleleng

Dengan demikian, panitia saat ini harus mempersiapkan teknis kegiatan dan koordinasi dengan linta sectoral untuk memantapkan persiapan lebih lanjut. 

Bapak Subawa Kepala Kantor Kemenag Buleleng diskusi kesiapan Hari santri dengan dandim 1609 buleleng (dok. Sahlan)

Masih dihari yang sama rombongan  berlanjut melakukan audensi menuju Kodim 1609  Buleleng bertemua langsung dengan Dandim  Letkol. Arh. Tamaji, S.Sos. Pertemuan ini merupakan giat Audensi lanjutan berkenaan dengan agenda HSN pada tanggal ( 22/10) di Taman Kota Singaraja. 

Alhamdulillah Dandim merespon positif giat tersebut dan menyarankan juga berkoordinasi dengan Batalyon terdekat untuk dukungan pasukan peserta upacara nanti. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng IMade Subawa juga menyampaikan apresiasi atas kesediaan pihak Kodim menerima audensi dan berharap bisa lanjutkan sinergi dalam urusan pelayanan di masa yang akan datang.

Pada hari yang sama setelah mengakhiri audensi  SC dan OC juga anggota panitia lainnya melanjutkan pertemuan persiapan HSN 2022 bertempat di Aula PLHUT Kemenag Kab. Buleleng. 

Atas seijin dan sepengetahuan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng Made Subawa Kepala Seksi Pendis Buleleng memberikan arahan dan penguatan sembari menerima masukan dan aspirasi dari anggota panitia yang hadir. Kegiatan audensi dan pertemuan hari ini dimaksudkan untuk memantapkan persiapan pelaksanaan Upacar HSN mendatang dan tentu memerlukan dukungan semua pihak.



Sumber : Lewa karma
Editor : Sahrul muharrom

Post a Comment

0 Comments