Ticker

6/recent/ticker-posts

Apel Ziarah Pahlawan Rekatkan Kebersamaan Pimpinan Kantor Kemenag Buleleng dan STAHN Mpu Kuturan

Aswajabuleleng |Singaraja (3/1/23) Lepas upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-77 Kementerian Agama di halaman Kantor Kemenag Kabupaten Buleleng, Kepala Kantor I Made Subawa menyampaikan apresiasi kepada segenap karyawan dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) atas dukungannya selama ini. Pelayanan publik merupakan salah satu produk nyata dan komitmen Bersama semua warga Kementerian Agama dari pusat hingga Daerah termasuk KUA pada layanan tingkat kecamatan.

Gede Suwindia Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja Bali  dengan Kakan Kemenag Kabupaten Buleleng I Made Subawa beserta H. Ahmad yani pengawas guru pai madrasah buleleng (dok. Subri)

Segala bentuk layanan ini dilakukan melalui sinergitas dan kebersamaan dengan berbagai pihak serta stakeholder yang saling menopang fungsi dan peran. Termasuk dalam rangakaian HAB ke-77 ini Kantor Kemenag Kabupaten Buleleng telah terbukti sukses membangun kebersamaan dengan semua unsur. Mulai dari dukungan sponsor pihak ke-3 maupun kolega kelembagaan, bantuan informasi dan sumber daya. Seperti halnya kebersamaan dengan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja.


Penyelenggaraan Upacara Ziarah pahlawan yang dilaksanakan pada hari Senin, 2 Januari 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Curastana Jalan Pahlawan Singaraja turut hadir Ketua dan jajaran pejabat stuktural maupun  fungsional dari STAHN Mpu Kuturan. Kehadiran kampus keagamaan negeri ini menjadi contoh praktek baik kebersamaan antar lembaga dalam lingkungan Kementerian Agama yang bisa dipupuk terus sebagai upaya penyadaran pentingnya kita bersinergi dalam segala hal.

 Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja Bali Gede Suwindia dengan Kakan Kemenag Kabupaten Buleleng I Made Subawa saat penaburan bunga (dok. Subri)

Tampak kebersamaan Gede Suwindia Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja Bali  dengan Kakan Kemenag Kabupaten Buleleng I Made Subawa saat peletakan karangan bunga pada pelataran TMP Curastana. Lanjut, kebersamaan saat tabur bunga didampingi  karyawan dari bagian depan hingga belakang makam.

Kebersamaan dua pimpinan kelembagaan Kementerian Agama di Singaraja ini bukan tanpa tujuan dan maksud. Pertama, menjadi teladan bagi semua karyawan baik unsur Struktural maupun fungsional Kantor Kementerian  Kabupaten Buleleng Agama maupun STAHN Mpu Kuturan bahwa antar Lembaga harus bersinergi. Kedua, pesan moral yang disampaikan adalah kompak dan mampu mengejawantahkan sikap moderat dalam memberikan layanan.  Ketiga, sebagai isyarat bahwa harmoni, antar ASN kedua Lembaga adalah modal sosial untuk membangun citra positif pada pemerintah daerah Kabupaten Buleleng.  Keempat, Setiap pihak bisa melakukan koordinasi tindaklanjut dalam merajut komunikasi baik yang bersifat akademik, pengabdian maupun riset sebagaimana mandate tri dharma perguruan tinggi. Kelima, HAB ke-77 ini adalah momentum bersama mewujudkan “kerukunan ummat untuk Indonesia hebat”.

Kakan Kemenag Kabupaten Buleleng I Made Subawa sebagai pembina upacara di serangkaian acara HAB ke 77 saat di TMP curastana (dok. Subri)

Di tempat terpisah, saat dikonfirmasi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buleleng menyampaikan rasa bangganya bisa melaksanakan kegiatan apel ziarah pahlawan Bersama Ketua STAHN Mpu Kuturan. “STAHN sebagai laboratorium penyiapan sumber daya manusia, tentu sangat relevan untuk bersinergi dengan Kantor Kementerian Agama terdekat sebagai user output mahasiswa’ ujar Subawa. Artinya, kebersamaan dalam bentuk symbiosis mutualisme ini perlu untuk menyiapkan “kampus berdaya saing dan kantor sebagai penyedia lahan kerja yang relevan”, sambungnya.

Sesi penghormatan kepada para pahlawan nasional atas jasa-jasa besar mereka kepada bangsa dan negara (dok. subri)

Kedepan kebersamaan ini banyak hal yang bisa ditindaklanjuti untuk kepentingan kedua lembaga sebagai upaya memberikan harapan dan layanan terbaik untuk masyarakat dan penerima manfaat. Harapan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buleleng ini patut dijadikan pedoman bagi segenap karyawan untuk menyiapkan program ke depan yang bisa disinergikan mulai dari Kerjasama mahasiswa PKL, pengabdian, riset dan sebagainya.


Sumber : Lewa karma
Editor : Sahrul Muharrom

Post a Comment

0 Comments