Ticker

6/recent/ticker-posts

STIKes Buleleng Dampingi Panitia Kirab Satu Abad NU

Aswajabuleleng | Organisasi keagamaan Nadhlatul Ulama (NU) pada tahun ini tepat berusia 100 tahun atau satu abad. Pencapaian ini dimeriahkan dengan puncak perayaan yang digelar dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan  “Perayaan Satu Abad Nahdlatuh Ulama” di mana pelaksanaannya yakni merupakan sebuah Kirab Panji NU sejauh 100 Km sebagai rasa syukur kehadapan Allah SWT karena atas berkat dan rahmatnya Nahdlatuh Ulama tahun ini genap berdiri selama satu abad, yang dilaksanakan oleh   Pengurus Cabang Nahdlatuh Ulama Bali, Kabupaten Buleleng yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 Januari 2023 dilaksanakan secara langsung dari Terminal Penarukan-Kemenag Buleleng - Eks. Pelabuhan Buleleng. 

STIKes Buleleng hadiri undangan dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Buleleng Bali (dok. Sahrul)

Adapun serangkaian acara yang dilaksanakan yaitu Pelepasan tim kirab Panji NU Kec. Gerokgak, serah terima kepada Tim kirab Panji NU Kec. Seririt,  Serah terima kirbat Panji NU Kec. Sukasada II, pawai menuju Eks. Pelabuhan Buleleng, Penyambutan dan panggung budaya. Antusias masyarakat Kabupaten Buleleng khususnya umat muslim sangat menyambut gembira pelaksanaan  Perayaan Satu Abad Nahdlatuh Ulama di Eks. Pelabuhan Buleleng yang terlaksana sangat baik, tidak sampai disana pelaksanaan kegiatan masih akan berlangsung besok, tentunya dengan serangkaian kegiatan yang meriah.

Pendampingan stikes buleleng kepada peserta pawai panji NU 1 Abad 100 Km buleleng dan pembagian brosur penerimaan mahasiswa baru disela bertugas (dok.sahrul)

Peringatan Hari lahir (Harlah) NU pada tanggal 7 Februari 2023 yang bertepatan pada 16 Rajab 1444 Hijriah (H) ini berdasarkan pada sejarah lahirnya atau berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang berdiri pada tanggal 31 Januari 1936 atau bertepatan pada 16 Rajab 1344 H silam. Nahdlatul Ulama (NU, bahasa Arab: نَهْضَةُ الْعُلَمَاءْ, translit. nahḍatul ‘ulamā', har. 'Kebangkitan Para Ulama';) adalah organisasi keagamaan Islam Indonesia didirikan oleh Hasyim Asy'ari, kepala pesantren di Jawa Timur. NU memiliki anggota berkisar dari 40 juta (2013) hingga lebih dari 95 juta (2021) yang menjadikannya sebagai organisasi Islam terbesar di dunia. NU juga merupakan badan amal yang mengelola pondok pesantren, sekolah, perguruan tinggi, dan rumah sakit serta mengorganisir masyarakat untuk membantu peningkatan kualitas hidup umat Islam.

Mahasiswa STIKes Buleleng saat bincang-bincang dengan peserta pawai Panji NU 1 abad

STIKes Buleleng Menghadiri undangan dari Pengurus Cabang Nahdlatuh Ulama Bali, Kabupaten Buleleng yang dihadiri oleh Dosen  Bapak Dr. Ns. I Wayan Antariksawan, S.Kep.,MAN., Ibu Indrie Lutfiana, S.S.T.,MH dan Bapak Ns. Mochammad Heri, S.Kep.,M.Kep untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan “Perayaan Satu Abad Nahdlatuh Ulama” yaitu membantu dalam memfasilitas ambulan dan tenaga kesehatan dari mahasiswa STIKes Buleleng berjumlah 20 orang untuk berkesempatan memberikan pelayanan kesehatan seperti membantu mengecek tekanan darah, memfasilitasi P3K dalam kegiatan tersebut. Sekaligus membagikan brosur sebagai promosi penerimaan mahasiswa baru STIKes Buleleng tahun ajaran 2023/2024 kepada masyarakat yang ada di sekitaran  Eks. Pelabuhan Buleleng. Meskipun hujan turun deras, tidak mengurangi semangat Mahasiswa STIKes Buleleng dan masyarakat sekitar, masyarakat mulai berdatangan untuk memeriahkan acara Perayaan Satu Abad Nahdlatuh Ulama di Eks. Pelabuhan Buleleng dan juga menikmati jajanan yang ada di stand food. Kegiatan tersebut memberikan manfaat yang positif kepada masyarakat sekitar Kabupaten Buleleng khususnya bagi umat beragama muslim untuk ikut berpartisipasi, memeriahkan dan bersilaturahmi dalam acara Perayaan Satu Abad Nahdlatuh Ulama. 


Panggung utama kirab panji NU 100 KM

Sumber : Lewa karma
Editor : Aly mas'ud

Post a Comment

0 Comments