Ticker

6/recent/ticker-posts

Kampanye Halal Meriah Dan Dihadiri Puliuhan Pelaku Usaha

Aswajabuleleng | Buleleng (18/3) Sabtu pagi jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia mengadakan kampanye mandatory halal produk makanan, minuman, hasil sembelihan, dan jasa sembelihan. Totalnya ada 1.000 titik kampanye.

Khusus di Buleleng diadakan di dua lokasi yakni di Halaman Kantor Kemenag Buleleng  dan GOR MAN Buleleng mulai pukul 09.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB. I Made Subawa selaku ketua Satgas Halal Kabupaten Buleleng menyampaikan pidato Menag di Lokasi 1 dan Ismail selaku Sekretaris Satgas Halal menyamaikan pidato di Lokasi 2.

Kegiatan kampanye program sertifikasi produk halal gratis (SEHATI) ini dihadiri oleh internal karyawan Kemenag Buleleng dari semua kalangan dan satker termasuk kalangan madrasah swasta dan pontren. Unsur pemerintahan daerah, tokoh masyarakat perwakilan ormas hingga para pelaku usaha.

Dalam kampanye ini mereka menyambut baik program SEHATI dan mendorong kepada para pedagang dan masyarakat. Jika sesuai Amanat UU Nomor 33 Tahun 2014, maka produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Republik Indonesia wajib bersertifikat halal.

Ketua Satgas Halal sekaligus Kepala Kantor I Made Subawa mengatakan kewajiban bersertifikat halal ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan kenyamanan,keamanan, keselamatan dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat.

"Sertifikasi halal saya jadikan salah satu program prioritas di Kementerian Agama. Hari ini akan menjadi awal bagi Indonesia dalam rangka menyukseskan Indonesia menjadi Pusat Industri Halal Dunia," tuturnya.

Sementara itu Dinas Perijinan, permodalan dan PTSP juga Direktur PD Pasar Buleleng  mendukung upaya Kementerian Agama dalam mempercepat program sertifikasi produk UMKM agar ke depannya memiliki label halal semua.

Menurutnya, program ini sangat membantu UMKM dalam memberikan kepastian jika produk yang dikonsumsi oleh masyarakat terjamin kehalalannya serta bisa meningkatkan daya saing yang lebih luas.

Terkonfirmasi bahwa di lokasi Halaman Kantor Kemenag Buleleng Jumlah Pelaku Usaha yang mendaftar dan konsultasi sebanyak 18 orang dan juga 2 orang pelaku usaha sudah bersertifikasi halal hadir memberikan testimoni proses awal hingga terbitnya sertifikat. Pada kesempatan itu pelaku usaha diberikan piagam penghargaan dan penyerahan sertifikat halal secara simbolik oleh Kepala Kantor dan didampingi pejabat setempat.

Demikian juga di lokasi GOR MAN Buleleng terdapat sejumlah pelaku usaha hadir dan meramaikan pendafataran produk. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Buleleng baik dilokasi 1 maupuan lokasi 2. Terlihat juga parade/devile dari para siswa madrasah meramaikan kegiatan sembari teriakkan yel-yel halal. 


Sumber : Lewa Karma
Editor : Aly Mas'ud

Post a Comment

0 Comments