Ticker

6/recent/ticker-posts

RUTINAN NGAJI DAN SHOLAWAT BERSAMA MAJELIS DZIKIR SHOLAWAT NARIYAH KEC. SERIRIT

Aswajabuleleng | Majelis dzikir sholawat nariyah perdana mengadakan kajian fiqih keumatan (kemasyarakatan), fiqih ubudiyah, fiqih kebangsaan pada kitab kifayatul akhyar fiqih madzhab syafi'iyah hari ahad, 11 juni 2023 setelah maghrib di masjid nurul islam kecamatan seririt.

Pemateri Ustad muhammad Ishaq asy'ari beliau mengatakan belajar (halaqoh) merupakan bagian pertamanan surga dan supaya amal kita tidak tertolak sebab amal kita berdasarkan ilmu sebagaimana hadist nabi muhammad saw.

Ustad muhammad ishaq asy'ari pemateri ngaji kitab kifayatul akhyar (dok. Ali)

Fiqih akan berdampak pada penekanan pada individu masing-masing pasti berbeda arti lain melihat kondisi seseorang kena taklif (tuntunan syariat). Beliau mengatakan kita akan memasuki bulan dzulhijjah maka kita akan melaksanakan ibadah kurban, dalam kajian fiqih kurban terbagi menjadi dua kurban sunnah kifayah dan aini.

Sholat idul adha dan idul fitri hukumnya sunnah mu'akad, dilaksanakan dua raka'at dengan takbir pertama sebanyak 7 kali dirakaat pertama selain dari takbirotul ihram dan takbir 5 kali di rakaat kedua selain takbir berdiri dan dilanjutkan dua khutbah, sholat idul adha lebih utama sebab termaktub dalam al qur'an surat al kausar.

Penjelasan beliau takbir 7 kali dan 5 kali itu merupakan sunnah hai'ah yang jika ditinggalkan tidak perlu untuk mengerjakan sujud sahwi, berbeda dengan sunnah ab'ad, maka jika ada orang yang menemukan takbir pada imam cuman satu cukup itu saja tidak perlu ditambahkan. Jika takbir ditinggalkan juga tidak mempengaruhi keabsahan sholat idul adha atau idul fitri.

Pada sesi tanya jawab H. Fathurrohman bertanya bagaimana kita menentukan sikap awal bulan yang berselisih dikalangan masyarakat? ustad ishaq menjawab penentuan hakim (pemerintah) maka menghilangkan perselisihan dikalangan masyarakat. Ulama kita (kyai2 kita) jika meraka berbeda pun tidak mengumumkan namun dipakai dikalangannya sendiri inilah sikap kyai-kyai kita yang moderat.

Para jamaah mendapatkan lembaran foto copy kitab, sesi dialog ada yang bertanya selain materi terkait bacaan hamdalah didalam sholat dan sholat jumat tidak menemukan ruku' bersama imam.

Kajian fiqih dilanjutkan dengan sholat jamaah isya' dan pembacaan sholawat nariyah bersama serta ditutup dengan doa.


Sumber : Ali Mas'ud 
Editor : wildan

Post a Comment

0 Comments