Ticker

6/recent/ticker-posts

MUI Buleleng Sikapi Surat Edaran Bupati Buleleng Terkait Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442H/2021M.

Buleleng. Aswaja buleleng.~ Menjelang perayaan hari raya idul fitri 1442 H masyarakat muslim buleleng khususnya mendapatkan surat edaran bupati terkait untuk sholat idul fitri yang diadakan setahun sekali dan pembatasan takbiran, Surat edaran bupati menghimbau untuk tidak melaksanakan sholat id dilapangan dalam satu titik, bupati menghimbau juga untuk sholat idul fitri  di adakan di rumah masing-masing sebab buleleng masih tergolong belum zona aman, buleleng masih zona merah. 

Segenap jajaran pengurus MUI Buleleng, KUA se buleleng, Penyuluh, perwakilan camat, lurah dan desa adat, tokoh masyarakat serta TNI, polri (dok. foto ali masud)


Oleh sebab itu MUI Buleleng yang di ketuai H. B. Ali Musthafa S.Ag. MH.I pada hari Selasa tanggal 11 Mei 2021, pukul 14.20 acara Kegiatan Rapat Koordinasi dimulai dan berakhir pukul 15.45 Wita. Bertempat di Gedung PLHUT (Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu) Kemenag Kab. Buleleng berlangsung Rapat Kordinasi dalam menyikapi Surat Edaran Bupati Buleleng dalam Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442H/2021M.


Hadir dalam kegiatan : PLT Kasi Bimas Islam Kamenag Kab. Buleleng H. IMAM SYAFII S.Ag.MM, Kapolsek Singaraja KOMPOL  DEWA KETUT DARMA ARYAWANA,S.T.,M.M., Danramil Kota, Kasat Pol PP Kecamatan Buleleng AMIN ROIS, Ketua MUI Kab. Buleleng H. BAWON ALI MUSTHOFA S.Ag. MH.I, Ketua DMI Kab. Buleleng H. HAMDANI S.Ag, Ketua PC. NU Kab. Buleleng H. RAHMAT AL BAYHAQI, Dewan Pembina MUI Kab. Buleleng H. ABDURRAHMAN SAID Lc, Anggota DPRD Kab. Buleleng H. MULYADI PUTRA S.sos, MH.I, Para Kepala KUA Kecamatan se Kab. Buleleng, Perwakilan Penyuluh Agama Islam, Forkom Desa/Lurah Kec. Buleleng.


Kasi Bimas Islam Kemeng Kab. Buleleng yang intinya dengan adanya SE Bupati, untuk memecah kerumunan umat agar pelaksanaan sholat ied tidak disatu tempat, agar memberdayakan Masjid, Mushola, Gedung dan Madrasah yang ada dengan protokol kesehatan covid 19 yang ketat.


Ketua DMI Kab. Buleleng yang intinya agar pelaksanaan Sholat Idul Fitri dengan Prokes yang ketat. Kesiapan dan tanggung jawab dari panitia ditiap-tiap masjid sangat diharapkan.


Menurut Dewan Pembina MUI Kab. Buleleng yang intinya setiap permasalahan harus di selesaikan secara musyawarah. Diharapkan setiap adanya kegiatan keagamaan agar mengajak pihak keamanan TNI POLRI untuk sama-sama koordinasi sehingga segala sesuatu yang direncanakan bisa mendapatkan hasil.


Anggota DPRD Kab. Buleleng H. Mulyadi Putra S.sos, MH.I, yang intinya dengan adanya SE Bupati Buleleng disepakati diwilayah tiap kecamatan agar pelaksanaan perayaan Idul Fitri dengan prokes. Karena panitia sudah melaksanakan persiapan secara matang dalam pelaksanaan Sholat Ied. Saya harap Sholat Ied agar tetap dilaksanakan. Apapun hasil rapat agar segera disampaikan kepada Bupati Buleleng.


Kapolsek Singaraja berharap apa yang menjadi keputusan pemerintah baik Pemerintah Pusat dan Daerah agar ditaati. Terutama 10% dari kapasitas tempat sholat dilaksanakan. Wilayah kota masyarakatnya sangat hitrigen sehingga perlu dirundingkan secara tepat. 


Ketua MUI dan dewan Pertimbangan MUI serta petunjuk dari Anggota dewan DPRD H. Mulyadi Putra S.sos, MH.I akan melakukan pendekatan dan bersurat kepada bupati bahwa Sholat Ied tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan tanggung jawab penuh oleh panitia di masing masjid, mushola, tempat sholat dilaksanakan. Sebagai bahan acuan umat muslim selama satu tahun dan juga selama taraweh sebulan dimusim pandemi ini, jamaah sudah sesuai dengan protokol kesehatan dan jumlah kuota jamaah saat melaksanakan sholat jumat maupun taraweh sesuai anjuran pemerintah.


Selanjutnya dari MUI, DMI dan Kemenag Kab. Buleleng akan membuat Seruan Bersama untuk mengantisipasi resahnya umat Islam di Kab. Buleleng yang sudah siap melaksanakan Sholat Idul Fitri.


Seruan Bersama akan diajukan terlebih dahulu kepada Bupati Buleleng yang selanjutnya sebagai hasilnya akan segera disosialisasikan kepada masyarakat umum.


penulis : Aly mas'ud
Editor : ellen, diding, arif s

By. Suport :

      Klik : πŸ‘‰ : Mubina tour Singaraja jl. Melati No. 15 

            πŸ‘‰ : NUsantara Loundry jl.melati 43

           πŸ‘‰ : Service komputer Matrix Singaraja

           πŸ‘‰ : jasa sopir dan sewa mobil

          πŸ‘‰ : Baitul Khot Jasa Kaligrafi Profesional Bali

Posting Komentar

0 Komentar