Ticker

6/recent/ticker-posts

Muslimat Ranting Rajatama Gelar Maulid Nabi Muhammad Saw Dan Hari Santri Nasional 2021, Peran Santri Dibutuhkan Disegala Bidang.

ASWAJABULELENG|Buleleng. Rajatama -Seririt, Sabtu 16 Robiul Awal 1443 H. Hari ini PC Muslimat NU Kab. Buleleng berkesempatan hadir memenuhi undangan dari Muslimat Ranting Rajatama dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammmad SAW sekaligus Peringatan Hari Santri Nasional 2021. 

Muslimat NU Ranting Rajatama beserta Pengurus PC. Muslimat NU Buleleng (dok foto diah rina)

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Muslimat NU Kab. Buleleng ibu Hj. Rodhiyatul Hasanah, S.Pd. didampingi pengurus harian, piimpinan anak cabang Kec. Seririt dan tentu nya selaku sohibul hajat yaitu ketua muslimat ranting Rajatama beserta anggotanya.


Acara diawali dengan pembacaan surat Ar-rahman, dan dilanjutkan dengan pembacaan sholawat nabi yang diiring group hadroh dari ibu-ibu muslimat ranting Rajatama. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari panitia acara  yang langsung disampaikan oleh Ibu Ida Laila S.Pd selaku Ketua Muslimat Ranting Rajatama. 

Ketua Muslimat NU Kab. Buleleng ibu Hj. Rodhiyatul Hasanah, S.pd. beliau mengucapkan Selamat Hari Santri 2021. (Dok foto diah rina)

Dalam sambutannya tersebut beliau mengapresiasi kepada seluruh anggotanya yang begitu semangat mempersiapkan terselenggaranya acara ini, karena ini merupakan kali pertama peringatan Maulid Nabi di wilayah ranting Rajatama dilaksanakan. Dan diharapkan ditahun-tahun kedepannya akan lebih semarak lagi, lebih meriah dan makin kompak selalu dan di-aminkan oleh seluruh yang hadir. Hanya itu saja yang disampaikan oleh ibu Ida Laila selaku ketua panitia acara.


Tibalah ke acara berikutnya yang menjadi acara inti yaitu sambutan dan mauidhoh hasanah yang langsung disampaikan oleh Ketua Muslimat NU Kab. Buleleng ibu Hj. Rodhiyatul Hasanah, S.pd. Diawal sambutannya beliau mengucapkan Selamat Hari Santri 2021. 

Dengan tema Santri Siaga Jiwa Raga, yaitu siaga untuk Indonesia dengan belajar tekun, rajin, manut dan dawuh pada para guru. Jiwa raga yang tidak lain hasilnya untuk ikut serta membela NKRI harga mati. Sedikit menyinggung peran penting santri pada masa-masa perjuangan dengan dibantu oleh para kyai, para ulama dan merebut kemerdekaan. Santri juga merupakan generasi yang tangguh yang  dilahirkan dari ibu hebat khususnya ibu-ibu muslimat NU. Hingga saat ini peran santri tetap diperhitungkan dan dibutuhkan dalam segala bidang. 

Tausiah oleh Ketua Muslimat NU Kab. Buleleng Hj. Rodhiyatul Hasanah, S.pd. menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw (dok foto diah rina) 

Selanjutnya tentang peringatan Maulid Nabi, ditegaskan beliau bahwa peringatan Maulid Nabi sebagai refleksi diri sebagai umat dari kanjeng nabi Muhammad SAW dengan meniatkan apapun untuk mendapat barokah dan safa'at beliau kelak di yaumil akhir. 

Menyinggung sedikit sejarah sesaat sebelum nabi Muhammad dilahirkan, diceritakan saat itu sang ibunda syayidatina Aminah didatangi wanita-wanita suci oleh ibunda Siti Hawa, ibunda Siti Hajar dan ibunda Siti Sarah. Beliau-beliau itu menenangkan hati ibunda Siti Aminah menjelang lahirnya kanjeng nabi Muhammad, dan bukan itu saja, diriwayatkan juga malaikat Jibril pun turut mendatangi ibunda Siti Aminah dan berkata..."Wahai Siti Aminah", kelak anak yang akan engkau lahirkan akan menjadi anak yang paling mulia di dunia ini yang nanti akan bernama Muhammad...., dan memang benar adanya. Dengan lahirnya kanjeng nabi Muhammad,  derajat wanita menjadi terangkat, hal ini dibuktikan saat ini dengan munculnya dan terbentuknya organisasi-organisasi wanita, dan salah satunya adalah muslimat NU. 

Kaum wanita menjadi penting sebagai penggerak diberbagai bidang, begitu banyaknya majelis taklim ibu-ibu khususnya muslimat yang mengikuti dawuh para kyai dan ulama dengan istiqomah membaca rotibul haddad, diba' dan tentunya sholawatan. Kelahiran kanjeng nabi ditunggu seluruh makhluk, baik di bumi maupun di langit. Semua penjuru bergetar menyambut kelahirannya. Sholuallanabi.


Diakhir sambutan dan tausiyahnya ibu ketua Muslimat NU Kab. Buleleng berpesan kepada seluruh muslimat ranting Rajatama agar kedepannya tambah semangat lagi menghidupkan majelis taklim muslimat, berperan aktif dalam setiap acara  serta istiqomah tentunya. Allahuma sholi ala Muhammad.


Demikian yang dapat penulis sampaikan dari lapangan, tunggu dan nantikan liputan lainnya seputar kegiatan Muslimat NU Kab. Buleleng pungkas Diah. 

Pengurus PC. Muslimat NU Kab. Buleleng (dok foto diah rina)


Pembacaan Maulid nabi muhammad Saw saat Mahalulqiyam dilantunkan oleh Group Hadrah Pengurus Ranting Muslimat NU Rajatama Seririt (dok foto diah rina) 

Semangat para pengurus Ranting Muslimat NU Rajatama "NKRI? Harga Mati, Pancasila? Jaya, Siapa Kita? NU" (dok foto diah rina)




Penulis : ✍️ Diah Rina
Editor : ✍️ Aly Ms. Diding.K. ellen

Posting Komentar

0 Komentar