Ticker

6/recent/ticker-posts

Bhakti sosial perkuat Moderasi Beragama Jelang HAB Kemenag Ke-76

Aswajabuleleng | (Buleleng, 23/12) Semarak HAB-76 Kemenag RI, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Kegiatan Bakti Sosial di tempat-tempat ibadah yang ada di Buleleng. 

Dengan tajuk Moderasi Beragama para pimpinan dan pegawai Kemenag Buleleng melakukan bhakti sosial dengan bersih-bersih di lingkungan tempat ibadah, yaitu di Pura Segara Pelabuhan Buleleng, TITD (Klenteng) Ling Gwan Kiong yang berada di Pelabuhan Buleleng, Gereja Santo Paulus Jalan Kartini, dan Mushola Al-Ikhlas. 



Uniknya dalam pelaksanaan bakti sosial ini, dalam melakukan pembersihan di masing-masing tempat ibadah diikuti oleh perwakilan berbagai pemeluk agama. Tidak hanya monoton tempat ibadah tertentu dibersihkan oleh pemeluk agamanya, namun hadir juga pemeluk agama menyebar bergotong royong melakukan bersih-bersih. 


Hal ini mencerminkan adanya kerukunan umat beragama di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng yang sesuai dengan program yang dicanangkan  Kementerian Agama RI. Dalam arahan keberangkatan ke masing-masing tempat ibadah Kasubag TU Kemenag Buleleng, Drs. I Made Sarjana menjelaskan sebagai tonggak utama dalam pelaksanaan moderasi beragama pegawai Kemenag Buleleng harus memberikan contoh semangat keberagaman dan kerukunan antar umat beragama agar bisa menjadi tauladan kepada semua pemeluk umat beragama indahnya perbedaan dan kerukunan dalam beragama. 



“Pembagian tempat bakti social ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat dalam melakukan moderasi beragama yang nantinya tercipta kerukunan antar umat beragama” jelas Sarjana. 


Selain kegiatan bakti social jelang perayaan HAB-76 ini Kemenag Buleleng juga telah melakukan Donor darah yang dilaksanakan pada Selasa, 22 Desember 2021 kemarin dengan mengajak semua jajaran pegawai Kemenag Buleleng.  Dalam giat donor darah ini peserta yang awalnya berkisra diangka 20 ternyata hadir sebanyak 60-an orang. Kerjasama kemitraan dengan UDD PMI Buleleng meyakinkan semua pihak bahwa donor darah ini adalah bagian dari car akita berbagi dan peduli sesama melalui “setetes darah sebagai penyambung nyawa”.



Tampak juga dalam kegiatan donor darah ini ikut ambil bagian Kepala Kantor (I Made Subawa), Kasubag TU, Para Kasi/Peyelenggara  dan unsur fungsional guru madrasah, penyuluh dan penghulu meramaikannya. 


Kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan dalam perayaan HAB ini yaitu pengumpulan pakaian bekas yang akan disumbangkan kepada korban bencana alam juga sembako untuk anak panti asuhan. Upacara Bendera pada puncak Hari HAB yang melibatkan segenap jajaran Pegawai, guru, penyuluh dan pengawas akan digelar pada senin 3 Januari 2022 mendatang. Harapan kita pelayanan keummatan Kemenag Buleleng bisa lebih baik dan hapiines sebagai tag line HAB ke-76, yaitu “Transformasi Layanan Ummat”.


Sumber : Lewa Karma
Editor : Ellen.

Post a Comment

0 Comments