Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengajian Kitab Sidogiri (IASS) Alumni, Wali Santri, Simpatisan. Efektif Untuk Silaturrohim Serta Membahas Problematika Keumatan

Aswajabuleleng | Gianyar, 2 Oktober 2022, Segenap alumni pondok pesantren sidogiri yang terhimpun dalam wadah IASS (Ikatan alumni Sidogiri Wilayah Bali), wali santri, simpatisan mengadakan rutinan pengajian kitab sidogiri yang diadakan tiap satu bulan sekali keliling antar kabupaten yang ada dipulau dewata, kegiatan ini dilaksanakan di Mushola perum PDAM atau TK. Perisai Bangsa gianyar.

Gus Ulil (kholil najah bin KH. nawawi Pengasuh pondok pesantren sidogiri pasuruan (dok. Aly)

Pengajian ini bentuk silaturrohim antara pengasuh pondok sidogiri, duriyah, guru dan alumni, wali santri, simpatisan menkaji permasalahan umat atau kemuskilan (ketidak jelasan) dalam dalil dalam kitab dengan realita saat santri di masyarakat.

Para alumni, wali santri, simpatisan ketika pengajian antar kabupaten disediakan kendaraan dengan sewa bus atau mobil biaya digratisi oleh pondok sidogiri.

Para alumni, wali santri, simpatisan mengaji kitab fathul mu'il dan kitab ringkasan kitab ihya'ulumuddin (dok.aly)

Salah satu problem keumatan terkait lafad doa tidak diperkenankan merubah dhomir mutakalim wahdah (tu) menjadi mutakalim muadhimi nafsah ma'al ghoir (na) jika doa itu dari pengarang doa asli atau nabi atau al qur'an karena hal tersebut mempunyai sirr (rahasia) tersendiri. Juga membahas permasalahan kekinian.

Kegiatan ditutup dengan istighosah dan doa oleh alumni senior dan sholat berjamaah.

Sumber : Aly Mas'ud
Editor : Samsul

Post a Comment

0 Comments