Ticker

6/recent/ticker-posts

Kantor Kemenag Buleleng Gelar Jalan Sehat Kerukunan

Aswajabuleleng | Singaraja (12/01) Keluarga besar Kantor Kemenag Kabupaten Buleleng gelar Jalan Sehat Kerukunan bertajuk Moderasi Beragama serangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 pada hari Kamis, 12 Januari 2023. Sedianya kegiatan ini dilakukan serentak se tanah air pada hari Ahad, 15 Januari 2023, namun karena di Bali bersamaan dengan Hari Raya Kuningan, maka kegiatan se Bali serentak dimajukan.

Kepala Kantor kemenag buleleng I Made Subawa bersama peserta jalan santai (dok. Subri)

Kegiatan ini merupakan manifestasi dari upaya Kementerian Agama RI untuk terus mengajak, menginspirasi dan menggerakkan ummat hidup rukun, damai demi terwujudnya Indonesia sejahtera dan hebat. Untuk itu, Kepala Kantor Kemenag Kab. Buleleng I Made Subawa pada saat membuka dan melepas acara jalan sehat kerukunan didampingi oleh Ketua FKUB, pejabat structural/fungsional dan para sponsorship/donator menyampaikan bahwa “kerukunan adalah harga mati dalam mewujudkan masyarakat moderat demi Indonesia Hebat”. Terlihat peserta jalan sehat memerahi jalan raya dengan stelan kostim berwarna merah.

Kasi pendis buleleng H. Lewa Karma menyerahkan bingkisan hadiah kepada peserta jalan santai kerukunan (dok.subri)

Pada kesempatan ini pelepasan dikemas dengan melepas balon setelah pengguntingan tali/pita oleh Kakan Kemenag dan dilanjutkan letupan kembang api (kertas) oleh perwakilan para pihak undangan diikuti ayunan bendera oleh Plt Kasubag TU (seksi Jalan sehat) dan Ketua Panitia (Made Sarjana). Peserta dikawal langsung oleh patrol pengawal (Patwal) polres Buleleng dan dukungan mobil Dinas Kominfokom Kab. Buleleng. 

Barisan pertama diisi oleh para pemegang spanduk dan diikuti perwakilan penyuluh semua agama bercirikan busana khas masing-masing. Berikutnya diikuti rombongan pejabat struktural/fungsional dari unsur Satker, Madrasah Negeri dan KUA serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Buleleng.

I Made Subawa kepala kantor kemenag buleleng pembagian hadiah pemenang undian peserta jalan santai (dok.abdul aziz)

Lanjutan barisan dari tim Marching  Band MIN 2 Buleleng, ASN, Penyuluh dan Seke Bleganjur yang meramaikan suasana sepanjang route jalan sehat. Adapun route yang ditempuh start di jalan Dewi sartika di depan halaman Kantor lanjut ke Jalan Udayana Timur berikutnya Jalan Ngurah Rai, jalan Pramuka, Jalan Ahmad Yani dan belok lagi ke Jalan Dewi Sartika selatan dan finish di halaman kantor.

Tampak acara dipandu langsung oleh Arya Suarnata dan Benny Sadiana mengocok undian doorprize dan diselingi pembagian hadiah juara lomba fun pada 28 Desember 2022 yang lalu. Keseruan dan antusias peserta yang menunggu giliran serta peluang terundinya kupon masing-masing terlihat sambil duduk dan berkumpul di sekitar halaman kantor. Sebagian duduk pada kursi dan tempat yang disediakan sebagian lainnya sambil berkerumun santai.

Peserta jalan santai kemenag buleleng (dok.subri)

Mengawali acara Kepala Kantor menyampaikan apresiasi kepada segenap pihak yang telah mendukung kehgiatan HAB dari awal sampai hari ini. Sekaligus melepas beberapa ASN yang telah purna tugas pada tahun 2022 ini. 

Dari 7 orang ASN yang dilepas hadir 3 orang dan mendapat tali kasih sepantasnya dari kantor juga ucapan perpisahan diwakili oleh I Made Sarjana. Pesan mantan Kasubag TU kepada segenap karyawan Kemenag Buleleng agar ASN dan PPNPN terus bekerja membantu Kepala Kantor, “karena beliau adalah sosok panutan yang bijaksana” ujar Sarjana.

Patwal jalan santai kemenag buleleng dari polres buleleng (dok.subri)

Banyak sponsorship dan donatur yang mendukung kegiatan ini mulai dari perbankan seperti : BSI, BRI, Mandiri, BWS,, BPR Indra dan KPN Al Ikhas. Ada juga dari PDAM Buleleng, Wings Food, CV New Perkasa, Astra motor dan lainnya. Keseluruhan kupon undian yang dilepas panitia sejumlah 600 dan lebih dari 50 hadiah mulai kalender, tumbler, jam dinding, hingga hadiah utama sepeda lipat senilai Rp. 3 juta dari BSI Singaraja menjadi dambaan para peserta jalan sehat.

Setelah melalui pengundian panjang dan hadiah hiburan habis terundi, maka saat pengundian sepeda diacak 30 kupon untuk mendapatkan 1 kupon yang berhak mendapatkan hadiah utama. Akhirnya, tersisa satu kupon nomor 0127 yang berhak mendapatkan hadiah sepeda atas nama Ketut Sudir, S.Pd. guru Pendidikan Agama Hindu yang diserahkan langsung oleh I Made Subawa didampingi para Kasi/penyelenggara. Acarapun berakhir dan para peserta bubar setelah ikut menyaksikan kegiatan dari awal hingga akhir.


Sumber : Lewa Karma
Editor : Ali Mas'ud

Post a Comment

0 Comments