Ticker

6/recent/ticker-posts

Layanan Akreditasi Berkualitas Melalui Kemitraan Antar Lembaga

Aswajabuleleng | Denpasar (10/01) Pengukuhan pengurus Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah (BAN-SM) Provinsi Bali masa bakti 2023-2026 oleh Ketua BAN-SM Pusat Toni Toharudin yang dilakukan secara serentak se Indonesia. I Wayan Suwira dikukuhkan menjadi Ketua BAN-SM Provinsi Bali masa bakti 2023-2026 menggantikan I Wayan Maba yang telah mengakhiri masa tugasnya.

Pengukuhan Pengurus BAN-S/M Provinsi Bali (dok. Arif)

Pengurus BAN-SM Bali yang dilantik adalah I Wayan Suwira ketua merangkap anggota, Ni Wayan mudiarni sekretaris merangkap anggota, Ida Ayu Made Sri Widiastuti, I Made Alit Mariana dan Mohammad Sahlan masing-masing sebagai anggota.

Toni Toharudin selaku ketua BAN-SM Pusat mengharapkan agar pengurus baru segera bekerja dan mampu menjaga mutu melalui sosialisasi massif Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) termasuk kompetensi para asesor. “ Saya yakin dengan komitmen dan integritas yang tinggi teman-teman pengurus yang baru akan mampu melaksanakan itu dengan baik,’ ujar Toni.

Mochammad Sahlan saat pelantikan Anggota BAN-S/M Prov. Bali bersama Prof. Dr. I Wayan Maba (dok. Arif)

Suwira sendiri yang terpilih sebagai ketua adalah mantan Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Seluruh Indonesia (APSI) Provinsi Bali sekaligus asesor BAN-SM Provinsi Bali. Artinya, ada pengalaman lapangan dan teknis yang bisa menjaid modal menjadikan BAN-SM Bali untuk bisa menjaga mutu layanan akreditasi di sekolah/madrasah. Suwira juga sampai saat ini masih aktif sebagai pengawas SMK Dinas Dikpora Bali. Suwira menegaskan bahwa tugas yang berat ini akan dikolaborasikan dengan pihak terkait agar bisa melewatinya dengan baik.

Pengukuhan ini selain dilakukan secara daring bersama pengurus pusat juga undangan stake holder lainnya juga hadir pengurus demisioner yang dikomandoi oleh Prof. Maba. Lebih lanjut, Suwira menyampaikan apresiasi kepada pengurus BAN-SM Bali sebelumnya yang telah meletakkan pondasi kuat dan sumbangsihnya untuk kemajuan layanan Pendidikan di sekolah/madrasah se Bali.

Ucapan selamat dan sukses atas pengurus BAN-S/M Prov. Bali masa bakti 2023-2026 (dok.arif)

Salah satu anggota BAN-SM Bali Mohammad Sahlan juga tampak hadir sebagai representasi Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali. Sahlan sendiri adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) diperbantukan di SMAN 2 Singaraja oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng. Sahlan menjadi tumpuan harapan Bidang Pendidikan Islam yang mengelola Pendidikan Formal dari jenjang RA, MI, MTs dan MA juga non Formal Pesantren, Diniyah dan TPQ se Bali.

Berbagai ucapan selamat dan apresiasi diterimanya sebagai bentuk dukungan moral dan kebanggaan para pengawas, GTK dan pegiat madrasah khususnya. Keberadaan Sahlan bisa menjadi jembatan aspirasi Madrasah agar mendapatkan informasi, layanan dan pemberdayaan yang setara dengan sekolah di lingkungan Disdikpora.

Sahlan adalah aktivis Pendidikan yang aktif di organisasi Profesi Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Bali dan tercatat sebagai sekretaris umum PC Pergunu Buleleng juga aktif di jajaran MGMP PAI Provinsi dan Kabupaten serta Asosiasi Guru PAI (AGPAII). Catatan prestasinya juga sebagai guru dan narasumber serta fasilitator pada program EDM eRKAM BOS Madrasah dan PPKB GPAI Provinsi Bali menjadi modal utamanya untuk memberikan pendampingan pada madrasah binaan Kantor Kementerian Agama se Bali.

Di tempat terpisah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng I Made Subawa menyampaikan apresiasi atas terlantiknya Moh. Sahlan sebagai anggota BAN-SM Bali periode tahun 2023-2026 sembari mendorong agar Madrasah terakreditasi berkualitas. Demikian juga perwakilan Guru PAI Kabupaten Buleleng Sali Subroto mendukung penuh atas terlantiknya Moh. Sahlan dan berharap bisa memfasilitasi para guru dan pengawas untuk mengembangkan kompetensi dalam penyiapan mutu akreditasi lembaga.


Sumber : Lewa Karma 
Editor : Ali Mas'ud




Post a Comment

0 Comments