Ticker

6/recent/ticker-posts

Haul Akbar Bani Muttamakkin dan Haul KH. Ahmad Tamyiz Ke 19

Aswajabuleleng | Jum'at, 5 mei 2023. Haul merupakan istilah hitungan genap setahun, peringatan haul yang dimaksud dipesantren berarti haul peringatan atas wafatnya seorang kyai, habaib, guru, orang tua yang biasanya terdapat beberapa kegiatan dzikiran, manaqiban, sholawatan, pawai ta'aruf, ziarah, tahlil, halaqoh, bakti sosial dan lain sebagainya. 

Dok. Foto maqom mbah Kh. Ahmad Muttamakin kajen margoyoso pati jawa tengah

Mbah KH. Ahmad muttakkin merupakan keturunan mbah eyang sunan kalijogo, seorang pendakwah islam juga pelaku sufi yang masyhur di zamannya, beliau di maqomkan di desa kajen margoyoso kabupaten pati prov. Jawa tengah, dhuriyah beliau menyebar diberbagai wilayah  pulau jawa dan luar jawa tak heran jika beberapa wilayah telah mengadakan peringatan haul sebagai bentuk mengenal dan syukur atas jasa-jasa beliau dalam menanamkan nilai-nilai luhur dan keislaman kepada keturunan dan murid-muridnya. 


Pesan tersirat beliau yang cukup masyhur dalam falsafah"yen penditku meski ngusap marang embunku" kalau memang benar-benar anak keturunanku dan muridku maka ia pasti akan mendapatkan sirr dan selalu mengikuti apa yang menjadi haliahku (prilaku), meraka akan mengambil ilmuku, prilaku, tauladan untuk mencapai tingkatan dan meneruskan cita-cita para pendahulu. Jadi orang akan ditutun menjadi pribadi yang baik, santun, luhur, bijaksana, berakhlakul karimah sebab ia akan ingat kata bestari dari eyangnya atau gurunya.

Maqom KH. Ahmad tamyiz penompo jetis mojokerto (dok. Aly)

Peringatan haul akbar bani muttamakkin di pondok pesantren hidayatul muwaffiq penompo jetis mojokerto dilaksanakan tiap tahun bulan syawal sejak dulu oleh pendiri pesantren almarhum Kh. Ahmad Tamyiz yang dilanjutkan para putra beliau, kegiatan haul di penompo (red. PP. Hidayatul muwaffiq) dimulai sejak kemarin tanggal 1 sampai 6 mei 2023 jadwal yang diberikan panitia :

KH. Ahmad Tamyiz Pendiri pondok pesantren hidayatul muwaffiq desa penompo jetis mojokerto (dok. Ali.Ms)

- Pawai pembukaan haul akbar ahad pagi, 30 April  2023

- Majelis qur'an "Wisnu bellah" senin pagi, 01 mei 2023

- Sholawat qosidag burdah selasa malam, 02 mei 2023

- Majelis dzikir saman rabu malam, 03 mei 2023

- Khotmil qur'an  10 majelis kamis pagi, 04 mei 2023

- Pembacaan fida' qulhu jumat pagi, 05 mei 2023

- Temu alumni jumat sore, 05 mei 2023

- Terbang jidor mbah muttamakkin jumat malam, 05 mei 2023

- Khotmil qur'an 2 majelis sabtu pagi, 06 mei 2023

- Majelis dzikir al-khidmah sabtu malam, 06 mei 2023, sebagai puncak peringatan acara haul akbar yakni manaqib syaikh abdul qodir aljailani dan pengajian akbar oleh habib jamal ba'aqil dari malang.


Kegiatan ini dihadiri oleh duriyah bani muttamakin dari kajen pati jawa tengah, duriyah kh. Ahmad tamyiz, para kyai, habaib,  tokoh masyarakat, alumni, santri serta masyarakat desa penompo jetis mojokerto, kegiatan ini tiap hari panitia menyediakan makan ± 1000-2000 orang sebab yang datang silih berganti para tamu haul akbar bani muttamakkin, ingat dawuh para guru "Ketika gurumu masih hidup, kau rajin sowan kepada beliau, berharap keberkahannya. Apakah saat beliau wafat kau kira beliau tak bisa diharap keberkahannya hingga kau tak lagi mau sowan kepadanya?." sehingga moment haul merupakan ajang mengharap keberkahan dari para masyayikh.

Mengutip dawuh imam syafi'i :

Imam as syafi'e berkata:

"Aku mencintai orang-orang shalih walaupun aku bukan termasuk orang sholih,

Semoga dengan kecintaanku itu, aku mendapat syafaat mereka,

Dan aku membenci orang yang kelakuannya maksiat,

Walaupun kami juga orang yang selalu melakukan maksiat."

         

"Yaallah yarobb berilah kemanfaatan sebab keberkahan para guru dan masyayikh dan tunjukkan kami sebab kemulyaan mereka, dan wafatkan kami sebagaimana jalan mereka, dan selamatkan kami dari segala fitnah, semua para tamu haul akbar datang selalu berharap keberkahan baik didunia dan di akhirat berkumpul dengan mereka dalam Jannah-Nya. Amin

Dhuriyah saat tahlil akbar di maqbaroh KH. Ahmad Tamyiz penompo jetis mojokerto (dok. Aly) 

Mauidhotul hasanah saat tahlil akbar KH. Ahmad faqih usman pengasuh PP. Nurul huda mojokerto (Kanan), KH. Ahmad Baidhowi Rifa'i (tengah).

Saat memimpin tahlilan KH. Nur Mahmud (dok.aly)


Penulis : Ali Mas'ud hadi

Post a Comment

0 Comments