Ticker

6/recent/ticker-posts

Kepala Kemenag Buleleng I Made Subawa Beri Pujian Kepada PC Pergunu Buleleng Di Puncak HGN 2023

Aswaja Buleleng | Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC Pergunu Buleleng) menggelar puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) sehari setelah upacara berlalu.  Perayaan ini dilakukan secara gegap gempita serangkaian dengan pembagian penghargaan dan  tropi kepada para juara lomba HGN pada (18/11) yang lalu di Tegallinggah.(26/11/ 2023)

Pemotongan tumpeng di Hari Guru Nasional (dok.sahrul)

Perayaan HGN tahun 2023 ini terasa sedikit berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, karena pengurus dana panitia PC Pergunu Buleleng mensinergikan momentum hari pahlawan dengan hari guru. Panitia menyiapkan agenda berupa lomba seni semua jenjang dari RA/TK, SD/MI, SMP/MTs, MA/SMA/SMK dan Pondok Pesantren diantaranya lomba Fashion show, mewarnai, poster, tahfidz, da’i, paduan suara, dan hadrah kategori putra dan putri. Peserta lomba didaftarkan langsung oleh Pengurus Pada Pimpinan Anak Cabang (PAC) sebagai bentuk komitmen gotong royong dan tanggungjawab secara bersama.


Terdapat 8 PAC yang terlibat langsung menyiapkan peserta lomba, yaitu Gerokgak I, Gerokgak 2, Seririt, Banjar, Kota, Sukasada I, Sukasada 2 dan Tejakula. Tampil sebagai juara umum dengan perolehan tropi emas terbanyak adalah PAC Gerokgak I dimana mampu mengumpulkan 5 tropi emas. Ketua PAC Gerokgak I Agus Baedawi menerima Piala Juara umum yang diserahkan langsung oleh perwakilan PW Pergunu Bali Chandra Dwi Fathoni, S.Pd.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng  I Made Subawa menghadiri puncak acara yang bertempat di ruang aula Kementerian Agama Kabupaten Buleleng. Acara ini dihadiri juga oleh berbagai stake holder diantaranya perwakilan PW Pergunu Bali Pergunu Bali, Ketua Tanfidziyah PCNU Buleleng,  perwakilan IGI Buleleng dan PGRI  Buleleng, Ketua  MUI Buleleng, Perwakilan Komisioner Baznas Buleleng, Perwakilan STIKes Buleleng,  para donatur/sponsor juga perwakilan Pengurus Banom/Lembaga di lingkungan NU Buleleng, serta keluarga besar Pergunu semua PAC, termasuk para juara finalis kegiatan lomba (18/11) yang lalu.

Pemenang da'i da'iyah dan hadrah dari siswa siswi MA At Taufiq Singaraja (dok. Sahrul)

Berikutnya acara dipandu oleh pembawa acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an juara 1 Hafidzah terbaik perwakilan PAC Kecamatan Buleleng. Acara juga diawali dengan pra acara yang disi oleh grup Hadrah dari MIN 5 Buleleng perwakilan PAC Gerokgak 1 dilanjutkan pembacaan shalawat dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Yalal Wathan, Mars Pergunu dipandu oleh Paduan Suara dari PAC Gerokgak I.  Acara berlangsung dengan begitu antusias, meriah  dan ramai hingga peserta membludak tak cukup ditampung dalam ruang aula. 


Sementara Lewa Karma selaku Ketua PC Pergunu Buleleng sekaligus mewakili Panitia membakar semangat para peserta dan segenap guru untuk terus menjadi teladan dalam mendidik siswa di sekolah/madrasah. Lewa yang juga Kasi Pendis Kemenag Buleleng menyampaikan bahwa HGN Pergunu tahun 2023 ini sangat berbeda, karena pada 10 November yang lalu pendiri Pergunu Alm. KH. Abdul Chalim menerima anugerah Pahlawan Nasional dari Presiden RI. Berikutnya ketua Tanfidsiyah NU H. Rahmat Al Baehaqi juga memberikan apresiasi kepada para guru, dan panitia atas terselenggaranya acara HGN 2023 ini dan meminta semua Guru NU agar terus berkhidmat kepada ulama, NU dan bangsa.


I Made Subawa dalam sambutannya juga memberikan pujian kepada panitia dan pengurus Pergunu atas terselenggaranya acara Puncak HGN juga ucapan selamat kepada para juara.  Seraya menyampaikan permohonan maaf, karena keterbatasan tempat terhadap para undangan.


Do'a dipandu oleh Ketua MUI Buleleng H.Ali Bawon Mustafa mengajak semua yang hadir untuk selalu bersahaja dan terus melayani anak didik dengan ikhlas.


Puncak acara ditandai dengan pemotongan tumpeng yang juga memberikan kesempatan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng memotong tumpeng untuk diserahkan kepada perwakilan pengurus Pergunu Bali.  Selanjutnya Pembagian hadiah, piala/tropi ditandai oleh penyerahan yang dilakukan secara bergilir oleh para undangan VIP. 



Penulis : Muhammad Sahlan
Editor : Ali Mas'ud

Post a Comment

0 Comments